Bupati Banjar Minta Jajarannya Siap Siaga Tangani Karhutla

Martapura - Bupati Banjar Saidi Mansyur meminta jajarannya siap siaga untuk melakukan penanggulangan bencana, khususnya kebakaran hutan dan lahan yang potensinya sangat besar saat memasuki musim kemarau.

Sadi, dalam keterangan tertulis di Martapura, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, Rabu (9/8), juga meminta jajaran terkait untuk menggalakkan imbauan hingga ke semua lapisan masyarakat akan ancaman yang ditimbulkan karhutla tersebut.

”Imbauan lebih digalakkan lagi ditingkat bawah seperti forum RT, forum kecamatan, upaya seperti itu harus kita informasikan,” ujar Saidi.

Sementara itu, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) Kabupaten Banjar Warsita menjelaskan, dalam menghadapi bencana karhutla, pihaknya sudah menyiapkan dengan membentuk tiga posko, yakni di Martapura Barat, Cintapuri Darussalam dan Beruntung Baru.

”Selain itu juga ada posko BPBD yang melayani jika ada terjadi kebakaran di dekat kantor. Untuk pra bencana sudah melaksanakan sosialisasi dan rapat koordinasi kesiapsiagaan,” tandas Warsita.