Resmikan Sekretariat Baznas dan FKUB, Wali Kota Ambon Canangkan Cinta Zakat

Ambon –  Wali Kota Ambon Richard Louhenapessy, Jumat (5/11), meresmikan Gedung Sekretariat Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) dan Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) Kota Ambon, yang berlokasi di Kelurahan Waihong, Kecamatan Nusaniwe Kota Ambon.

Dalam peresmian itu, dicanangkan pula Gerakan Cinta Zakat bagi ASN di lingkup Pemkot Ambon.

“Pada hari ini ada dua agenda penting yakni peresmian sekretariat dan pencanangan Gerakan Cinta Zakat, dalam upaya kita mewujudkan semangat toleransi dan kekeluargaan di kota Ambon, “kata Walikota dalam sambutannya di Sekretariat Baznas dan FKUB Kota Ambon.

Dijelaskannya, Kota Ambon telah diakui sebagai salah satu kota di Indonesia dengan tingkat toleransi yang tinggi oleh Setara Institute, serta Kota dengan tingkat Kerukunan Umat Beragama terbaik di Indonesia, oleh Kementerian Agama. Karenanya, persemian sekretariat ini memiliki makna yang penting sebagai tempat interaksi dan komunikasi sosial antar umat beragama.

“Selain itu dengan sekretariat yang repesentatif FKUB dapat melayani tamu dari kota lain yang datang belajar tentang kerukunan di Ambon,” jelas Walikota.

Dirinya menyatakan, dengan adanya gedung yang repesentatif, tolernasi keagamaan dapat dimaintenance secara profesional, lewat FKUB maupun kegiatan kemanusiaan dunia - akhirat oleh Baznas melalui Gerakan Cinta Zakat.

“Gerakan Cinta Zakat kita canangkan untuk diimplementasikan mulai Januari 2022, dimana secara resmi, ASN di lingkup Pemerintah Kota Ambon yang beragama Muslim wajib memberikan zakat,” ungkapnya.

Richard menandaskan, pemberian zakat secara rutin, berkaitan dengan kehidupan di masa yang akan datang, bukan saja bagi umat Muslim tetapi semua umat beragama di Kota Ambon.

“Kita memberi sesuatu jangan hitung – hitungan. Tidak perlu khawatir, yang memberi banyak tidak akan berkekurangan, yang  memberi sedikit tidak akan kaya, karena semua harta adalah titipan Allah SWT,” pungkasnya.