Tumbuhkan Jiwa Enterpreneur Muda, Pemkot Ambon Dukung Dakota Fair AMGPM

Ambon - Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon, memberikan dukungan dan apresiasi atas pelaksanaan Dakota Fair 2021 yang dilaksanakan Angkatan Muda Gereja Protestan Maluku (AMGPM) Daerah Kota Ambon.

“Pemerintah memberikan dukungan dan apresisasi yang tinggi atas pelaksanaan Dakota Fair yang dilaksanakan AMGPM dengan tujuan menumbuhan jiwa enterperenur muda, kemampuan berwirausaha, serta wadah promosi produk hasil usaha kreatifitas dan potensi pemuda kota Ambon,” kata Sekretaris Kota (Sekot) Ambon, A.G Latuheru saat membuka kegiatan Dakota Fair di Pattimura Park, Senin (29/11).

Dikatakan Sekot, upaya untuk menumbuhkan jiwa berwirausaha telah dilakukan oleh Pemerintah melalui peluang dan kebijakan, dengan target untuk menghasilkan sedikitnya 5 juta pengusaha baru. Namun demikian pemerintah tidak dapat bekerja sendiri, dibutuhkan peran serta pihak – pihak lain sebagaimana yang dilaksanakan oleh AMGPM Daerah Kota Ambon melalui Dakota Fair 2021.

“Suatu negara akan maju bila memiliki sedikitnya dua persen pengusaha, yang mana untuk negara kita, itu berarti sekitar 5,4 juta pengusaha. Yang telah ada saat ini baru 486 ribu pengusaha sehingga kita masih membutuhkan 5 juta pengusaha lagi. Atas dasar itulah pemerintah memberikan peluang dan menempuh berbagai kebijakan agar dapat menumbuhkan jiwa berwirausaha di kalangan generasi muda,” ungkapnya.

Seorang pengusaha, lanjut sekot, adalah orang yang mampu melihat masalah sebagai peluang. Oleh sebab itu, generasi muda masa kini, harus mampu mengidentifikasi masalah dan mencari solusi terbaik terhadap permasalahan tersebut.

“Sederhananya dunia membutuhkan orang – orang yang kreatif dan inovatif yang mampu menyediakan solusi lebih cepat, murah dan lebih efesien terhadap persoalan yang dihadapi,”terangnya.

Menurut sekot, pada era perkembangan teknologi saat ini, media memiliki peranan yang penting, bukan hanya sekedar untuk mencari informasi, tetapi juga mendapatkan penghasilan.

“Media telah berkembang pesat menjadi tempat bekerja dan menghasilkan uang. Survei membuktikan anak – anak saat ini lebih banyak bercita – cita sebagai youtuber atau konten kreator dibandingkan menjadi astronot,” bebernya.

Sekot berharap kegiatan Dakota Fair 2021 yang baru pertama kalinya dilaksanakan, dapat menjadi agenda tetap untuk mengakomodir potensi pemuda dan memberikan manfaat bagi masyarakat.

“Kedepannya perlu disinergikan dengan baik agar kegiatan ini menja icon kota Ambon. Kalau Jakarta punya Jakarta Fair, Ambon punya Dakota Fair,” tandasnya.

Acara Dakota Fair yang diselenggarakan AMGPM Daerah Kota Ambon, dibuka untuk umum, 29 November – 1 Desember 2021 dengan menampilkan kegiatan music, bazzar, kuliner, talk show,  karya seni serta Vaksinasi Massal COVID-19.

Pembuka kegiatan ini senin pagi di Pattimura park turut dihadiri oleh Dandim 1504 Ambon, Kol. D.C Soumokil, Pengurus Besar AMGPM, Majelis Pekerja Klasis GPM Kota Ambon serta perwakilan OKP Kota Ambon.