Resmi Dibuka, 9.537 Atlet Pelajar Pemalang Siap Bersaing di POPDA 2023

Pemalang - Sebanyak 9.537 atlet pelajar Kabupaten Pemalang akan bertanding dalam 14 cabang olahraga (cabor) dalam gelaran Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) tingkat kabupaten 2023.

14 cabor tersebut yaitu, atletik, tenis meja, tenis lapangan, basket, sepak bola, sepak takraw, bola voli, bulu tangkis, senam, renang, panahan, pencak silat, taekwondo dan karate.

“Peserta yang mengikuti POPDA tingkat Kabupaten Pemalang sejumlah 9537 atlet pelajar dengan 14 cabang olahraga yang dipertandingkan,” sebut Ketua Penyelenggara sekaligus Kepala Disparpora Kabupaten Pemalang Mualip, dalam laporannya saat pembukaan POPDA 2023 di Stadion Mochtar, Senin (28/8).

Adapun pembukaan even tahunan tersebut secara resmi dilakukan Plt Bupati Pemalang Mansur Hidayat.

Meski POPDA secara resmi dimulai pada Senin (28/8), dan akan berlangsung sampai Kamis (31/8), tetapi sebenarnya sudah ada cabang yang dipertandingkan lebih dulu yaitu Tenis Lapangan. Cabor tersebut dipertanding pada Sabtu (26/8) di Lapangan Tenis Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Pemalang.

Adapula cabor yang baru dipertandingan pada Jumat (1/9) yaitu sepak bola di Stadion Mochtar, Sepakbola akan dipertandingkan hingga Minggu (3/9). Selain itu, pencak silat juga baru akan dipertandingkan pada Senin sampai dengan Rabu (4-6/9) di GOR Kridanggo.

Selebihnya pertandingan akan digelar mulai Selasa (29/8). Adapun rinciannya yaitu, Bola Voli dipertandingkan tanggal 29-31 Agustus di lapangan Disparpora Kabupaten Pemalang, Bulutangkis 29-30 Agustus di GOR Kristal Wanarejan, Karate 29 Agustus di Gedung PGRI, Panahan 29-30 Agustus di Sirkuit Pantai Widuri, Renang 29 Agustus di Kolam Renang Zatobay.

Kemudian Senam akan dilombakan pada 29-30 Agustus di Keong Mas Ulujami, Sepak Takraw 29-30 Agustus di GOR Kridanggo, Tenis Meja 29-31 Agustus di Pendopo Disparpora Kabupaten Pemalang, Atletik 30-31 Agustus di Stadion Mochtar, Taekwondo 30-31 Agustus di Gedung PGRI, dan Basket 31 Agustus sampai 3 September di GOR Kridanggo.

Plt Bupati dalam sambutan saat membuka POPDA mengatakan, POPDA merupakan tindak lanjut pembinaan dan pelatihan olahraga pelajar yang dilakukan oleh Pemerintah Daerah, dalam rangka mewujudkan tujuan pembangunan prestasi olahraga di Kabupaten Pemalang.

“Oleh karena itu, apresiasi dan terimak kasih saya sampaikan kepada seluruh pelatih, pembina, pengurus organisasi olahraga atas keikutsertaannya dalam POPDA ini,” ungkap Mansur.

“Saya percaya seluruh kontingen telah mempersiapkan atletnya dengan maksimal, sehingga akan terbina bibit atlet terbaik yang akan membawa nama harum Kabupaten Pemalang di tingkat provinsi, nasional bahkan internasional,” sambungnya.

Tak lupa Plt Bupati Mansur juga memberi motivasi kepada para atlet yang akan bertanding.

“Saya minta bertandinglah dengan semangat, junjung tinggi sportivitas, kalah dan menang dalam sebuah pertandingan adalah hal wajar, yang terpenting kalian bisa mengambil pelajaran dan pengalaman dari ajang ini,” pungkasnya.