Rumah Kreatif BUMN Gelar Pelatihan Teknik Lobi dan Negosisasi Bisnis UMKM Demak

Demak – Rumah Kreatif BUMN memberikan pelatihan Teknik Lobi dan Negosiasi Bisnis UMKM di Kabupaten Demak, Jawa Tengah, pada Kamis (12/11).

Pelatihan yang diikuti 12 peserta UMKM dari Demak tersebut dihadirkan pemateri dari Korwil Komite Ekonomi Kreatif Jateng Eko Aribowo.

Dalam pemaparannta, Eko Aribowo menyampaikan, unsur terpenting dalam melobi dan negosiasi adalah komunikasi. Melalui komunikasi pebisnis mampu melakukan pertukaran gagasan dan informasi yang memiliki tujuan tertentu dengan disajikan secara personal melalui ucapan, kata atau simbol.

Ia menjelaskan, sebelum komunikasi, pebisnis harus memahami informasi dasar.

“Sebelum melakukan komunikasi, terlebih dahulu kita harus paham dengan informasi yang akan kita sampaikan. Selain itu kita harus berani, jangan malu dan harus percaya diri. Satu hal yang perlu kita ingat, komunikasi merupakan kunci dari bisnis, tanpa komunikasi yang baik berakibat pada krisis kepercayaan konsumen pada produk kita," kata Eko.

Eko menjelaskan, lobi dalam bisnis dapat dilakukan oleh individu ataupun kelompok dengan tujuan untuk dapat mempengaruhi orang atau organisasi yang memiliki kedudukan penting sehingga dapat memberikan keuntungan bagi pelobi untuk dapat melakukan pemasaran dalam rangka pendekatan kepada calon pembeli.

“Anda harus bisa menerapkan seni ketrampilan lobi bisnis dari kemampuan membaca teks dan konteks, kemampuan menulis, kemampuan dalam berbahasa, kemampuan mempresentasikan gagasan, kemampuan mendengarkan hingga kemampuan komunikasi seperti gestur atau bahasa tubuh yang baik,“ tambah Eko.

Selain lobi bisnis, Eko menambahkan, UMKM juga harus dapat memahami strategi dalam negosiasi dengan memahami Win Win, Win Lose, Lose Lose dan Lose Win. Dalam proses negosiasi bisnis juga harus dapat melakukan langkah strategi, diskusi komunikasi hingga melakukan pengukuran diri lawan hingga strategi.

Sementara itu, Koordinator Rumah Kreatif BUMN Demak Aristia Rizqi Nadzir menyampaikan, pihaknya berharap melalui pelatihan yang di berikan para peserta dapat menerapkan ilmu yang didapatkan, sehingga mampu melakukan komunikasi yang baik dan benar untuk mendukung lobi dan negosiasi bisnis untuk menyampaikan suatu informasi pemasaran.